Simbol Plastik Daur Ulang

Temen-temen ada yang suka menggunakan kemasan plastik untuk membawa makanan atau minuman?

klo jawabannya iya, berarti harus hati-hati ma kemasan yang dipake untuk membawa makanan n minuman, coz bisa jadi kebersihan n bahan yang dipake oleh kemasan yang temen-temen pake itu gak memenuhi syarat-syarat kesehatan karena tidak semua kemasan plastik itu layak untuk dipakai sebagai kemasan pangan.

nah, di post ini qta akan sedikit mempelajari tentang plastik daur ulang dan jenis-jenisnya sehingga temen-temen nanti bisa lebih mengerti tentang jenis plastik daur ulang mana yang pantas untuk dijadikan sebagai kemasan pangan.

jenis-jenis plastik daur ulang yang dibahas dalam post ini tidak terbatas pada produk kemasan pangan daur ulang saja tetapi seluruh jenis plastik daur ulang.

pada produk daur ulang, temen-temen bisa melihat simbol segitiga yang dibentuk dari 3 tanda panah diikuti dengan angka ditengah segitiga yang nominalnya antara 1 hingga 7.  nah, sifat kemasan plastik daur ulang tuh bisa dikenali melalui simbol-simbol ini.

kita mulai bahas niy ya :

1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

Biasanya terdapat pada botol plastik transparan seperti pada kemasan air mineral atau minuman yang siap diminum. kemasan kayak begini gak boleh diisi-ulang (sebagai kemasan air minum) apalagi pakai air panas karena menyebabkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

2. HDPE (High Density Polythylene)

Terdapat pada botol berwarna putih susu, juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi palstik, atau kemasan susu jika pada kemasan pangan. jenis plastik ini juga hanya boleh dipakai sekali sebagai kemasan pangan.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Menunjukan plastik yang sulit didaur ulang (contoh : plastik pembungkus). kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur pada makanan pada suhu -15 derajat celcius, akibatnya muncul kerusakan hati dan ginjal.

4. LDPE (Low Density Polythylene)

Biasa digunakan untuk pembungkus makanan dan plastik kemasan, teksturnya terasa lembek atau lentur. plastik kemasan pangan dengan dengan kode ini cukup aman digunakan. sayangnya, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)

Jenis yang aman dipakai sebagai kemasan pangan yang diisi-ulang, bentuk aslinya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang.

6. PS (Polystyrene)

Kemasan plastik berjenis ini misalnya stereofoam yang biasa dipakai sebagai kemasan pangan sekali pakai. elemen plastik ini bisa bercampur dengan makanan jika suhunya panas, plastik ini berbahaya bagi otak dan sistem syaraf.

7. OTHER atau biasanya Polycarbonate

kode 7 ini bisa ada 4 macam, yakni :

  • SAN (styrene acrylonitrile)
  • ABS (acrylanitrilr bitadiene styrene)
  • PC (polycarbonate)
  • Nilon

jenis plastik kode 7 SAN dan 7 ABS baik dan aman digunakan sebagai kemasan pangan KECUALI yang berkode 7 PC.

nah setelah membaca keterangan diatas, sekarang temen-temen bisa lebih berhati-hati dalam memilih plastik sebagai kemasan pangan.

salam sehat :).

sumber : suplemen “Belia” Harian Pikiran Rakyat (tanggalnya lupa) dengan penambahan informasi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: