MSI (Method of Successive Interval), Langkah Manual & Software.

Merubah data ordinal menjadi skala interval berurutan (Method of Successive Interval). Tahapannya :

  1. Menentukan frekuensi setiap respon
  2. Menentukan proporsi setiap respon dengan membagi frekuensi dengan jumlah sampel
  3. Menjumlahkan proporsi secara berurutan untuk setiap respon sehingga diperoleh proporsi kumulatif
  4. Menentukan Z untuk masing-masing proporsi kumulatif yang dianggap menyebar mengikuti sebaran normal baku.
  5. Menghitung scale value (SV) untuk masing-masing respon.
  6. Mengubah scale value (SV) terkecil menjadi sama dengan satu (1) dan mentransformasikan masing-masing skala menurut perubahan skala terkecil sehingga diperoleh transformedscale value (TSV).

karena operasi matematika tidak berlaku untuk data ordinal, maka dalam proses merubahnya menjadi data interval dipakai proporsi untuk menentukan nilai dari setiap poin angka ordinal, nanti proporsi itu yang menjadi dasar besar nilai interval dari nilai ordinalnya.

Langkah lengkap, contoh perhitungan, rumus-rumus, dan softwarenya silahkan download disini

Referensi:

Al Rasyid, Harun. 1993. Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

About these ads

8 Comments (+add yours?)

  1. Elif Ardianto
    Dec 27, 2010 @ 19:50:10

    saya coba kok run time error ya?

  2. yuriyuda
    Dec 28, 2010 @ 17:29:05

    sudah saya coba download dan pakai lagi, tidak ada masalah. perhatikan bahwa skala ukur datanya harus ordinal ya mas.

  3. Dyah
    Mar 13, 2011 @ 02:29:59

    Ass…
    Mas makasih softwarenya sudah saya download. tapi ada sedikit ganjalan tentang perubahan ini. soalnya dalam ilmu statistik yang saya baca data ordinal digolongkan sebagai data non parametrik, menurut ketentuannya data non parametrik tidak bisa diubah menjadi parametrik. nah data interval digolongkan sebagai data parametrik. sedangkan data parametrik bisa diubah menjadi data non parametrik. jadinya saya masih ragu menggunakannya. saya pernah diajarkan cara merubah ordinal menjadi interval dengan cara sederhana yaitu data ordinal dibuat rankingnya lalu dihitung range antara ranking tertinggi dengan terendah dibagi dengan jumlah kelasnya (misalnya skala 1-5 jumlah kelasnya 5). cara ini lebih sederhana, tapi saya juga tidak yakin apakah boleh atau tidak…apakah merubah ordinal menjadi interval ada dasarnya?bukankah kalau datanya ordinal maka bisa menggunakan statistik non parametrik?…makasih ya softwarenya…

  4. yuriyuda
    Mar 13, 2011 @ 14:20:36

    Walaikumsalam Teh Dyah :)
    betul, data non-parametrik itu nominal & ordinal, sedangkan parametrik itu interval & ratio. Ada usaha untuk merubah data ordinal kedalam bentuk interval karena ada beberapa analisis statistika yang hanya menerima ukur minimal interval untuk bisa dianalisis, serta tidak semua analisis parametrik dapat digantikan oleh analisis non-parametrik, maka muncul metode MSI ini untuk mengatasi hal tersebut.
    Sebagai informasi, pada skala ukur nominal & ordinal tidak berlaku operasi matematika, jadi semua hasil operasi matematika berupa pengurutan, penambahan, pengurangan, dsb sama sekali tidak memberi hasil yang valid pada data nominal & ordinal.
    Sedangkan MSI tidak menerapkan operasi matematika langsung pada data ordinal tetapi menerapkannya pada proporsi dari frekuensi data ordinal yang berskala ukur ratio, oleh karena itu aman memakainya dalam analisis.
    semoga membantu, jangan ragu untuk bertanya lagi :)

  5. sipie
    May 16, 2011 @ 18:10:15

    pak, saya mau nanya, dasar teori dari metode succesive interval ini apa?
    kenapa harus menentukan proporsi, proporsi kumulatif, lalu kenapa melakukan pendekatan distribusi normal.. saya uda mencari dasar teori d internet tapi belum dapat.. mohon bantuannya :)
    terimakasih

  6. rany
    May 17, 2011 @ 21:39:57

    Mas saya smester akhirr,, mw tny ttg skripsi saya, menggunakan data nominal dan ratio,, saya d sruh menggunakan MSI untuk analisis data, cara mendapatkan softwere n langkah2 menggunakan MSI gymn yach??? cz saya bingung untuk mendapat kan bku ttg MSI…mohon bantuannya yachh masss

  7. yuriyuda
    May 29, 2011 @ 12:34:19

    @ mbak rany : download aja link diatas mbak, disitu ada add-ins MSI untuk excel juga ada langkah-langkah MSI. Buku yang membahas MSI biasanya buku2 sampling dan survei mbak.

  8. yuriyuda
    May 29, 2011 @ 12:43:52

    @ mas sipie : MSI kan tujuannya merubah data berskala ukur ordinal menjadi interval, nah karena pada data ordinal tidak berlaku operasi matematika maka dipakailah proporsi untuk menentukan nilai dari setiap poin angka, nanti proporsi itu yang menjadi dasar besar nilai interval dari nilai ordinalnya.
    soal distribusi normal, berhubungan dengan teorema dalil limit pusat. saat semua sampel ditambahkan besarnya hingga mendekati tak hingga maka semua distribusi dalam data akan berubah mendekati distribusi normal yang memiliki rata2, median, dan modus yg sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: