Tanggung Jawab Mahasiswa Universitas Negeri Terhadap Rakyat

demo

Salam wahai rekan mahasiswa!! Jangan ngerasa aneh ya ngebaca judul diatas, emang bener kok setiap

mahasiswa yang kuliah di PTN punya tanggung jawab ama rakyat. Hal demikian kita dapet karena selain orang tua ternyata rakyat juga turut membiayai studi kita, makanya biaya kuliah kita lebih murah dibandingkan dengan PTS.

 

Rakyat menitipkan amanatnya melalui pajak yang lalu dipakai sebagian buat meringankan biaya kuliah kita, makanya kita punya tanggung jawab untuk menggunakan  ilmu yang kita dapat demi kesejahteraan rakyat

 

Tampak berat ya? Amanahnya ama rakyat siy, kayak pejabat negara aja. Tapi gak apa2, yang namanya amanah itu kan ladang amal klo ditunaikan (baru niat aja insyaAllah dapet pahala kok) jadi temen-teman jangan ngerasa berat ama tugas mulia ini, banyak hal-hal yang bisa temen lakukan, misalnya membagi-bagikan ilmu yang didapet di kuliah ke masyarakat kayak anak statistika ngasih pengetahuan yang benar soal data ke institusi-institusi, anak pertanian ngasih penyuluhan ke petani, anak kedokteran ngasih pelayanan medis ke daerah-daerah pinggiran, dan semacamnya.

 

Gak mudah emang, apalagi, apalagi yang namanya amanah kan bakal diminta pertanggungjawabannya kelak di hari kita dapat menatap wajah Tuhan penguasa alam, saat langit terbelah, saat malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit, saat dimana pintu neraka jahanam dibuka selebar-lebarnya.

 

Tapi yang namanya kegiatan baik kan ada aja halangannya, tapi  temen-temen jangan putus asa karena Allah pasti ngebantu usaha-usaha umatnya dan setiap amanah yang tertunaikan maka insyaAllah temen-temen dapet pahala yang jauh lebih mahal daripada emas sebesar alam semesta karena sudah menunaikan amanat Allah dan umatnya yakni menjadi wakil Allah di muka bumi dengan mengamalkan ilmu yang didapat dan menyumbangkan tenaga demi kesejahteraan sesama umat manusia. Jika teman-teman menjadi manusia yang amanah maka insyaAllah saat hari terakhir kelak maka akan menemui Allah dengan sifat yang Maha Lembut, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang. Beda jika teman-teman menjadi manusia yang khianat, tidak amanah maka insyaAllah saat hari terakhir kelak maka akan menemui Allah dengan sifat yang Maha Penyiksa. Akan amanah atau tidaknya teman-teman di dunia ini, Keputusannya ada di tangan kita sendiri.

Jadi…

Apa yang sudah kamu lakukan buat rakyat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: