Antimateri, sumber energi terbaru ??

Temen-temen yang sudah pernah baca novel Dan Brown “Angel and Demon” pasti mengetahui apa itu antimateri, dalam novel itu dikisahkan bahwa CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire / European Organipartikelion for Nuclear Research) sebuah lembaga penelitian nuklir Eropa telah berhasil menemukan lawan dari ketidakadaan materi atau pertikel, lawan tersebut dinamakan partikel antimateri.

Pada kenyataannya memang CERN telah berhasil menghasilkan antimateri, sebuah partikel yang dalam massa sebesar 1 gram saja dapat memiliki energi yang sama dengan bom atom. Antimateri dibuat dengan cara menumbuk hadron (partikel sub-atomik yang terbuat dari quark dan tunduk pada gaya yang besar) setelah sebelumnya diakselerasikan secepat 180.000 mil per detik dalam Large Hadron Collider (akselerator partikel). Antimateri sangat tidak stabil, karena jika bersentuhan dengan materi maka akan terjadi proses anihilasi yaitu proses penghancuran total tanpa sisa yang hanya menghasilkan energi murni saja.

Jadi kalau antimateri benar-benar dipakai sebagai sumber energi, maka partikel ini harus dijaga dalam sebuah ruang hampa udara dan mengambang diantara media penyimpan. Pada novel “Angel and Demon” diceritakan bahwa antimateri dijaga oleh medan magnet yang homogen agar tidak menyentuh materi, sebenarnya hal ini tidak mungkin karena medan magnet tidak berpengaruh terhadap antimateri. Yang sedang diusahakan sekarang oleh para ilmuwan untuk menyimpan antimateri adalah menggunakan botol magnetik dengan medan magnet heterogen yang bekerja dalam momen magnet, atau menggunakan perangkap optikal menggunakan laser, tetapi hal ini masih dalam tahap pengembangan mentah.

Antimateri sangat tidak efisien sebagai sumber energi karena kita hanya bisa menghasilkan energi sebesar 10-10 dari energi awal, jadi kalau para peneliti di CERN dapat mengumpulkan seluruh antimateri yang telah mereka hasilkan selama ini dan menganihilasinya dengan materi maka energi yang muncul hanya mampu menyalakan sebuah lampu bohlam selama beberapa menit saja.

Dengan menggunakan rumus E=MC2 maka didapat bahwa 1 gram antimateri memiliki energi sebesar 20 kiloton bom atom atau 25.000.000 KWh, perhitungannya : 0.001 kg x (300,000,000 m/s)2 = 90,000 GJ = 25.000.000 kWh. Naaaaah!!! Jadi klo reaksinya dibalik, untuk membuat 1 gram antimateri dibutuhkan dana lebih dari milyaran euro !! padahal energi yang dihasilkan dari 1 gram antimateri saja tidak sebesar itu. Dah jelas kan letak inefisiensinya. Lagipula dengan teknologi yang ada sekarang ini hanya memungkinkan untuk menghasilkan antimateri sebanyak sepermiliar gram per tahun, jadi kalau ingin membuat antimateri sebanyak 1 gram maka dibutuhkan waktu sepanjang 1 milyar tahun!!! OmG,,

Antimateri juga belum bisa dijadikan sebagai bom karena masih belum mungkin untuk menghasilkan kuantitas yang memenuhi syarat untuk menjadi sebuah bom serta belum mungkin untuk dipindahtempatkan.

Jadi walaupun proses kontak antimateri dengan materi menimbulkan anihilasi (penghancuran total tanpa sisa yang menimbulkan energi murni) Antimateri belum bisa digunakan sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan antimateri tidak tersedia secara alami di bumi sehingga harus diciptakan, proses menciptakan ini membutuhkan energi yang sangat besar. Selain itu, proses penyimpanan antimateri juga membutuhkan energi yang sangat besar untuk menjaga bahan ini agar tidak menyentuh materi (termasuk udara).

Mungkin memang belum saatnya sumber energi ini dipakai, tapi saya percaya suatu saat nanti sumber energi ini dapat menjadi lebih efisien dan dimanfaatkan secara luas dalam masyarakat, dan ketika saat itu tiba, semoga rekan-rekan calon ilmuwan Indonesia yang sekarang sedang studi di berbagai universitas di Indonesia maupun luar negeri dapat berperan aktif dalam penelitian sumber energi yang bersih ini.

Semoga..    Restui kami ya Allah…

[picapp align=”center” wrap=”false” link=”term=cern&iid=1191008″ src=”1/5/d/8/Cern__Research_80d3.jpg?adImageId=11575149&imageId=1191008″ width=”396″ height=”594″ /]

Sumber : Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire (CERN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: