OSPEK ?!! MAPRAM ?!!

Ospek…. pernah denger sebelumnya?

Bukan anak indonesia lu klo belum pernah denger kata yang satu ini, oke gw jelasin niy, ospek itu kegiatan yang harus diikutin sama anak baru di sekolah or organisasi-organisasi yang mana tujuan dasarnya adalah (katanya) menimbulkan hal-hal yang berbau disiplin padahal niy ya yang aku tau dari temen-temen yang jadi panitia ospek, tujuan mereka ikut kegiatan ini tuh buat ngerasain gimana siy rasanya dianggap jadi senior, merintah2 ade angkatan gcu, walaupun ngakunya or ngomongnya niat jadi panitia ospek tuh mulia-mulia, tapi biasanya di hati kecil tuh suka timbul rasa pengen diaku jadi senior kayak yg udah gw sebutin diatas (ya kan? Ngaku dah, pokoknya yang gak ngaku disumpahin kuliah 5 taun gak lulus2).

Jahat ya ospek? Padahal temen-temen baru yang jadi ade angkatan tuh kan punya niat mulia masuk kuliah buat cari ilmu, tapi pas masuk kok tiba-tiba ni senior-seniornya sok-sok’an ngajarin disiplin or setia-kawan (kayak yang seniornya setia-kawan aja, padahal senior juga punya temen-temen kelompok sendiri-sendiri loh jd gak ngumpul ma semua temen2 angkatannya, munafik klo gag mau ngakuin ini..)

Sebenernya yang  gak gw setuju ama kegiatan ospek tuh adanya tim disiplin/tata tertib/penegak disiplin itu, tau kan? Pokoknya klo waktu ospek ni kelompok orang mukanya manyun mulu, demen banget nyuruh push-up ama teriak2 gak jelas itu loh, kayak yang gak tau klo tindakannya tuh nyiksa batin anak-anak baru.

Gw kasih gambaran niy : pokoknya tiap mau ketemu seksi disiplin ini tuh tiba-tiba waktu kayak jadi lama banget, lamaaaa….aaa banget dah, deg-deg’an, tiba-tiba kepala pusing perut mules, yang sehat lahir-batin jadi ngerasa lagi sakit kronis, udah kayak mau dihisab aja di akherat dah. gak bener banget dah’

Ok, klo panita ospek tetep maksa klo tim disiplin ini penting banget (tolong dunk buat panitia, kata-kata disiplin ini jangan dipake lagi’ qta cuman boleh ngomong “memelihara atau menimbulkan kedisiplinan” klo qta gak pernah bolos kuliah, telat janjian or telat kuliah, & punya jadwal kegiatan harian, klo maksa pake kata ini sbagai visi/misi kpanitian trus qtanya malah telat janjian, telat kuliah bukannya nanti malah jadi tampak seperti sekelompok orang tolol yang gak konsisten sama ucapannya) bukannya ada cara lain buat ngebantu ade-ade angkatan di persoalan “disiplin” ini? Ayolah, udah kuliah masa gak bisa mikirin hal dasar di ospek kayak gini, dari jaman dulu masa maen push up mulu, ini siy namanya melanggengkan oligarki kesenioran, pantes Indonesia gak maju-maju, anak-anak mudanya masih tunduk ma senior-seniornya.

Usul gw :

  • hilangkan tim disiplin/tata tertib/penegak disiplin
  • persoalan “disiplin” ini sebaiknya diganti dengan acara bertemu dengan temen-temen alumni/senior yang sudah sukses jadi biar temen-temen angkatan baru termotivasi sendiri, mereka kan dah besar tau’ bisa belajar sendiri
  • hilangkan embel2 panggilan “akang” or “teteh” (ini jadi alesan gw supaya gak ngapalin nama-nama temen2 angkatan atas) jadi lebih akrab loh klo panggil nama langsung, coba deh J..

buat temen-temen panita orientasi (ospek), kegiatan yang kalian lakukan sebenarnya mulia, tolong jangan kotori dengan kegiatan yang berkemungkinan menekan, meneror, menyakiti perasaan anak baru (tau kan maksudnya?) alih-alih memelihara oligarki kesenioran mending kita menimbulkan pemikiran di ade-ade angkatan bahwa setiap manusia adalah sederajat dan tidak dinilai berdasarkan keseniorannya.

Hati-hati dengan kekuasaan serta amanat kepanitiaan ospek yang Tuhan berikan pada teman-teman. Dengan menjadi panitia, berarti teman-teman DIPERCAYA OLEH TUHAN untuk “mentransfer” dengan cara terbaik segala hal-hal baik yang sudah Tuhan berikan pada teman2 semua. Amanat ini akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat

Semoga teman-teman yang menjadi panitia dengan niat mulia mendapat limpahan rahmat, berkah, hidayah, dan diberi kehalusan hati dari Tuhan serta selalu didoakan keselamatan dan kesejahteraannya oleh malaikat-malaikat Tuhan, buat teman-teman yang menjadi panita hanya untuk meramaikan ospek or dengan niat yang tidak baik semoga Tuhan memberikan pemahaman yang baik tentang amanat pada kalian, jangan sampai sesal datang pada saat pengadilan terakhir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: